ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته .... Selamat Datang di Situs Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal wat-Tamwil SAKA MADANI .... Apabila Anda hendak menyalurkan ZIS dan atau mengamanahkan investasi dana Anda secara Syariah di Lembaga kami, mohon isi Formulir di bagian bawah BLOG ini ..... Terima Kasih .... وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Saturday, August 29, 2009

Kesempurnaan Kebajikan Seorang Hamba yang Beriman

ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بِســمِ اللهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيـم

Al-'Imran (3) : 92

لَن تَنَالُواْ الْبِرَّ حَتَّى تُنفِقُواْ مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنفِقُواْ مِن شَيْءٍ فَإِنَّ اللّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Dalam Al Qur’anul Karim pada Juz 4 Surrah III Ali Imran : 92, yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya Arab, mudah-mudahan sesuai dengan isi, pokok, dan maksud serta hikmah sesuai dengan yang aslinya, sebagaimana berikut :

“ Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada (menjadi sebuah) kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian (sebagian) harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, sesungguhnya Allah mengetahui.” Surrah III Ali Imran : 92

Amat jelas, perintah Allah سبحانه وتعلى  sebagaimana terdapat pada Juz 4 Surrah III Ali Imran : 92 tersebut . Kesempurnaan amalan manusia, terutama hamba-hamba-Nya yang beriman adalah apabila ia bersedia untuk membelanjakan sebagian harta yang dicintainya. 

Penggunaan kata : ‘harta yang dicintainya’ dalam ayat ini amat menarik untuk disimak dan dicari hikmahnya. Kenapa Allah سبحانه وتعلى tidak memakai istilah : ‘harta yang dimilikinya’, sebagaimana terdapat dalam ayat-ayat-Nya yang lain ? Mari kita simak firman Allah سبحانه وتعلى yang lain :

Al-'Imran (3) : 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاء وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ  

Dalam Al Qur’anul Karim pada Juz 3 Surrah III Ali Imran : 14, yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya Arab, mudah-mudahan sesuai dengan isi, pokok, dan maksud serta hikmah sesuai dengan yang aslinya, sebagaimana berikut :

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis : emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” Surrah III Ali Imran : 14

Mungkin itulah salah satu maksud dan hikmah, kenapa Allah سبحانه وتعلى menggunakan istilah : ‘harta yang dicintainya’ dalam Surrah III Ali Imran : 92.  Segala keindahan dunia ini hanyalah fatamorgana….semu….dan sifatnya sementara saja.

Dalam rangka menggapai kehidupan akhirat yang baik, maka kita harus menjadi makhluk-Nya yang beriman dan bertaqwa. Untuk melengkapi, atau bahkan menyempurnakan amal dan ibadah kita di dunia ini, maka kita harus : ‘Menafkahkan / membelanjakan sebagian harta yang kita miliki dan kita cintai ini di jalan Allah سبحانه وتعلى’.

Semoga,  Allah سبحانه وتعلى , berkenan memberikan kemudahan kepada kita dalam beribadah di dunia ini. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

No comments: