ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته .... Selamat Datang di Situs Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal wat-Tamwil SAKA MADANI .... Apabila Anda hendak menyalurkan ZIS dan atau mengamanahkan investasi dana Anda secara Syariah di Lembaga kami, mohon isi Formulir di bagian bawah BLOG ini ..... Terima Kasih .... وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Sunday, August 23, 2009

Infaq untuk Jalan Allah سبحانه وتعلى


ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بِســمِ اللهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيـم

Dalam Al Qur’anul Karim pada Juz 1 Surrah ke-2 Al Baqarah : 273, yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya Arab, mudah-mudahan sesuai dengan isi, pokok, dan maksud serta hikmah sesuai dengan yang aslinya, sebagai berikut :

لِلْفُقَرَاء الَّذِينَ أُحصِرُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ لاَ يَسْتَطِيعُونَ ضَرْباً فِي الأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاء مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُم بِسِيمَاهُمْ لاَ يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافاً وَمَا تُنفِقُواْ مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللّهَ بِهِ عَلِيمٌ  

( Berinfaklah / Lakukanlah Infaq ) kepada orang-orang fakir yang terikat ( oleh Jihad ) di jalan Allah سبحانه وتعلى ; mereka tidak dapat (berusaha/mencari nafkah secara teratur) di muka bumi; orang yang tidak tahu menyangka bahwa mereka adalah orang yang kaya karena mereka ( menahan ) memelihara diri dari perbuatan meminta-minta (mengemis). Kamu mengenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak mengemis kepada orang lain secara mendesak. Dan apa pun harta yang baik yang kamu belanjakan ( nafkahkan di jalan Allah سبحانه وتعلى ), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Surrah ke-2 Al Baqarah : 273

Dari penggalan ayat di atas, ada beberapa hikmah yang dapat kita ambil diantaranya :

  1. Umat Islam di ajarkan oleh Allah سبحانه وتعلى untuk menjadi umat yang PEDULI kepada sesama manusia, terlebih kepada beliau-beliau yang telah bersedia mengorbankan waktu, tenaga, dan ilmunya di jalan Allah سبحانه وتعلى.
  2. Umat Islam di ajarkan oleh Allah سبحانه وتعلى untuk menjadi umat yang mempunyai HARGA DIRI, walapun kondisi yang sebenarnya hidup dengan kondisi di bawah standar kehidupan yang layak, akan tetapi diajarkan untuk tidak MENGEMIS dan lekas menyerah dengan kondisinya, terlebih apabila mereka sedang berjuang di jalan Allah سبحانه وتعلى.

Berdasarkan pertimbangan dari hikmah yang dapat kita petik dari Surrah ke-2 Al Baqarah : 273 tersebut, Untuk lebuh tepatnya di dalam kondisi dunia modern saat ini, dimana dunia tidak dalam kondisi peperangan, dan umat Islam tidak dalam kondisi TERDESAK dan TERTINDAS karena adanya perang, maka lebih tepat jika orang-orang yang telah berjuang di jalan Allah سبحانه وتعلى ( jihad ) diantaranya adalah : Da’I, ustadz, para pengajar TPA, ‘Amil , dll.


Beliau-beliau …yang insya Allah adalah termasuk ke dalam golongan Fisabilillah itu, seringkali tidak pernah terbersit dalam pikiran kita, bahwa mereka telah mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga nya demi tegaknya Syiar Islam di bumi Allah سبحانه وتعلى ini. 


Memang buah dari apa yang saat ini mereka usahakan di dunia, kelak di akhirat adalah urusan Allah سبحانه وتعلى , akan tetapi pada saat beliau-beliau tersebut masih segar bugar dan masih menjadi bagian dari kita di dunia ini, siapakah yang memikirkannya …. Jika bukan kita saudara-saudaranya sesama muslim yang lain??? Mereka mempunyai keluarga…..mereka butuh menghidupi dan menafkahi keluarganya….untuk makan anak dan istrinya….untuk menyekolahkan anak dan istrinya….untuk berobat jika sakit…dan lain-lain. 


Kita boleh melihat dan bangga terhadap kemapanan : Al Ustadz Yusuf Mansyur, Al Ustadz Arifin Ilham, Al Ustadz Aa’ Gym, Al Ustadz Zainudin MZ, dll ……..Akan tetapi, beliau-beliau tersebut hanyalah segelintir dari beribu-ribu Al Ustadz- Al Ustadz lainnya, yang mungkin masih hidup dengan kondisi kurang berkecukupan ( di bawah standar kehidupan layak). Dan beliau-beliau tersebut, justru kebanyakan hidup dan berada di sekitar kita. 


Baitul Maal Saka Madani, dimulai pada awal bulan Juni 2009 telah meluncurkan Program TABIR ( Tabungan Hari Akhir, selengkapnya klik disini ), dengan pembelanjaan dari program ini diantaranya adalah berusaha sedikit mengangkat kesejahteraan saudara-saudara kita yang telah berjuang di jalan Allah سبحانه وتعلى .


Untuk itulah diperlukan penyadaran kepada kita seluruh umat Islam, biarlah hidup ini berjalan sesuai dengan maqomnya masing-masing…..dan marilah kita sisihkan sebagian harta yang telah dititipkan-Nya kepada kita untuk dibelanjakan di jalan Allah سبحانه وتعلى , sebagai salah satu wujud kepedulian kita dan pertanggung jawaban kita kelak di akhirat.

Semoga bermanfaat


وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Baitul Maal 
LKMS BMT Saka Madani
 



No comments: