ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته .... Selamat Datang di Situs Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal wat-Tamwil SAKA MADANI .... Apabila Anda hendak menyalurkan ZIS dan atau mengamanahkan investasi dana Anda secara Syariah di Lembaga kami, mohon isi Formulir di bagian bawah BLOG ini ..... Terima Kasih .... وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Sunday, August 30, 2009

Jihad Fisabilillah : menurut Dasar Hukum Syariah Islam

Jihad Fisabilillah : menurut Dasar Hukum Syariah Islam 

ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بِســمِ اللهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيـم

Al-'Imran (3) : 142

أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تَدْخُلُواْ الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللّهُ الَّذِينَ جَاهَدُواْ مِنكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

Dalam Al Qur’anul Karim pada Juz 4 Surrah III Ali Imron : 142, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya Arab, mudah-mudahan sesuai dengan isi, pokok, dan maksud serta hikmah sesuai dengan yang aslinya, sebagaimana berikut :

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.” Surrah III Ali Imron : 142

Menurut Syariah Islam (berdasarkan buku Al qur’an dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al Qur’an Republik Indonesia, 1971, Hadiah dari : Raja Fahd ibn ‘Abdl al ‘Azis Al sa’ud), yang dimaksud dengan ‘jihad fisabilillah’ adalah :

  1. Berperang untuk menegakkan Islam dan melindungi orang-orang Islam;
  2. Memerangi hawa nafsu;
  3. Mendermakan harta benda untuk kebaikan dan umat Islam;
  4. Memberantas yang ‘Bathil’ (Salah) dan menegakkan yang ‘Haq’ (benar)

Dalam perspektif modern dan keadaan yang terjadi pada era tahun 2000-an ini, juga berdasarkan ajaran Allah سبحانه وتعلى dalam salah satu ayat-Nya yang menceritakan tentang hewan: Lebah, dimana sifat lebah tersebut adalah :

  • Lebah hanya mau memakan sari pati dari suatu tumbuhan. Sari pati tumbuhan adalah suatu inti dari sebuah pohon dan merupakan sesuatu yang bersih/suci.
  • Di dalam rumahnya, lebah menghasilkan suatu zat yang bernama madu, yang dapat berguna bagi makhluk-Nya yang lain, makhluk-Nya yang paling sempurna, yaitu manusia.
  • Ketika Lebah mencari makan, dan terlebih dimanapun dia berada, ia tidak akan mengakibatkan kerusakan, bahkan pada tempat dimana dia mencari makan sekalipun, dan walaupun wujudnya kecil sekalipun, yaitu ujung putik sebuah bunga.
  • Semangat persatuan lebah sangat tinggi, terutama ketika ia atau keluarganya diusik. Ia tidak segan-segan dan tanpa rasa takut akan berusaha melawan, hingga mungkin nyawanya pun tidak dia hiraukan keselamatannya, dan walapun lawannya mempunyai fisik yang jauh lebuh besar dan sempurna dari dirinya.

Subhanallah…..sebuah ajaran yang sangat indah dari Allah سبحانه وتعلى. Umat Islam, yang dapat bertindak atas nama individu yang mewakili diri pribadinya masing-masing, maupun sebagai sebuah jama’ah yang bertindak mewakili dan merupakan cerminan sebuah umat, umat berakhlak mulia, dibawah pimpinan Rasulullah صلى الله عليه وسلّم, maka umat Islam harus menjadi makhluk-Nya yang bermanfaat dan tidak boleh membuat kerusakan di muka bumi ini. Hal itu dikarenakan pula bahwasanya, manusia adalah ‘khalifah’ pemimpin di muka bumi, bukan pimpinan yang sering arogan dan membuat kerusakan di muka bumi.  

Wahai saudara-saudaraku….marilah kita ingat, ketika Allah سبحانه وتعلى menawarkan kepada semua makhluk-Nya, untuk menjadi ‘khalifah’ di muka bumi Allah سبحانه وتعلى ini, hanyalah manusia, satu-satunya makhluk yang bersedia, ketika makhluk-makhluk-Nya yang lain tiada sanggup untuk menjunjung tugas mulia itu. Terlebih lagi, kita umat muslim adalah manusia termulia, untuk itulah marilah kita mejadi makhluk-Nya yang bermanfaat dan tidak membuat kerusakan, minimal terhadap diri kita sendiri dan lingkungan kita.

Marilah kita tegakkan Syiar Islam, sebagaimana saat Rasulullah صلى الله عليه وسلّم berdakwah. Dengan kasih sayang dan sifat pemaaf. Jika memang JIHAD itu ditafsirkan sebagai perang, marilah kita kembalikan kepada tuntunan dan ajaran Allah سبحانه وتعلى pada sifat lebah sebagai mana tertulis di atas. Dan itu adalah sebuah jalan akhir, jika memang sudah tertutup jalan yang lain selain perang. Bukan berarti umat Islam adalah sebuah umat yang lemah atau pun penakut. Allahu Akbar….. Allah سبحانه وتعلى Maha Besar dan Maha Kuasa.

Marilah kita buka mata kita…hati kita, berpikirlah secara dingin dan rasional terhadap kejadian yang akhir-akhir ini menimpa kita: antar sesama muslim telah diadu domba, baik antar jama’ah maupun antar Negara !!! Subhanallah …..Bukankah demikian ??????? Kita tidak usah sibuk mencari-cari oleh siapa …. dan tujuannya dibalik itu semua. Karena memang sudah jelas…dan sangat jelas tertulis dalam Al Qur’anul Karim, siapakah gerangan dibalik semua ini !!!!

Yang perlu kita lakukan adalah : marilah kita kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah, karena itu adalah senjata utama kita. Marilah kita menjadi umat dan jama’ah yang KUAT, kuat dalam bidang PERSATUAN…..kuat bidang EKONOMI…..dan terlebih kuat dalam AKHLAK !!! Jika itu telah kita lakukan, yakinlah bahwa Allah سبحانه وتعلى bersama kita. TIDAK MUNGKIN TIDAK !! Allahu Akbar … Allahu Akbar… Allahu Akbar….!!!!!

Sebagai kata penutup, marilah kita ingat dan selalu kita tanamkan ke dalam benak kita, terhadap salah satu keindahan perintah-Nya :

Al-'Imran (3) : 103


وَاعْتَصِمُواْ بِحَبْلِ اللّهِ جَمِيعاً وَلاَ تَفَرَّقُواْ وَاذْكُرُواْ نِعْمَتَ اللّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَاء فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَاناً وَكُنتُمْ عَلَىَ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni'mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni'mat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” Surrah Al-'Imran (3) : 103


Semoga bermanfaat.

وألسـلام عليكم ورحمة الله وبركات

Artikel terkait : Jihad Fisabilillah !!! Haruskah dengan kekerasan?? Silahkan baca disini   

R&D
SAKAMADANI
http://sakamadani.blog.ekonomisyariah.net/

No comments: